Kamis, 19 Mei 2011

Black Falcon: Refleksi Vincent Black Shadow

CALIFORNIA  — Falcon Motorcycles, rumah modifikasi sepeda motor berbasis di California, AS, sukses membangun sebuah motor yang mengabungkan konsep antara performa, seni pahat dan desain industri.
Black Falcon. Begitu motor berbasis Vincent Black Shadow itu disebut. Menurut Ian Barry, pemiliki Faclon Motorcycles, timnya terdiri dari enam orang menyelesaikan proyek Black Falcon selama hampir satu tahun.

Dengan mesin Black Shadow lansiran 1952, Barry mengatakan motor ini dibangun untuk menggambarkan kekuatan gaya sebuah motor balap drag yang popular di era 1950-an hingga 1960-an. Wajarlah demikian mengingat Vincent Black Shadow sempat menggenggam predikat sebagai Motor Standar Tercepat di Dunia selama 25 tahun. Apalagi Black Falcon juga dirancang material ringan dan kuat.

Untuk pengerjaan mesin tersebut Falcon Motorcycles menyerahkan kepada Stephen Pete of Restoration Works. Proyeknya sendiri langsung dipimpin sang master ‘Bid Sid’ Biberman. Menurut Biberman cetak biru dari mesin modifikasi rancangannya adalah “1000bhp Swiss Watch.” Sementara itu, pengerjaan rangka, fork, rem, tangki, handlebars, footsteps, bangku dan spakboard dilakukan langsung oleh Falcon Motorcycles di bengkenya di Los Angeles. Seluruh komponen tersebut telah diubah sedemikian rupa daris basis model standar.

Bahkan swing arm yang mengingatkan kita pada paten Phil Vencent tahun 1928 juga ikut dimodifikasi. Perubahan ini dilakukan ahar menciptakan jarak sumbu roda lebih panjang 2 inci. Dengan begitu, motor menjadi lebih stabil saat digunakan di kecepatan tinggi. Karya hebat lainnya, yaitu rancangan handlebars. Barry mengatakan ketinggan setang tersebut dapat disesuaikan hingga enam tingkatan. “Setang dapat diatur ketinggiannya sesuai postur dan keinginan bikers,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar